Home Top Ad

Responsive Ads Here

Mempunyai kendaraan pribadi yang nyaman dan aman tentu menjadi impian bagi setiap orang. Dengan mobil akan memudahkan mobilisasi dar...

Tips Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Impian



Mempunyai kendaraan pribadi yang nyaman dan aman tentu menjadi impian bagi setiap orang. Dengan mobil akan memudahkan mobilisasi dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Kenyamanan dan keamanan yang dimiliki oleh mobil ini tidak akan didapatkan oleh transportasi umum yang lain. Karena kelebihan yang dimiliki oleh mobil tersebut tidak mengherankan jika angka kepemilikan mobil ini semakin meningkat. Alasan mereka ingin memiliki mobil dikarenakan berbagai macam keperluan entah itu untuk bisnis, mencari nafkah, ataupun hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi.

Jika memang tidak bisa membeli kendaraan impian dengan cash Anda masih bisa melakukannya dengan cara kredit dimana lebih mudah dan murah. Berikut ini adalah tips mengatur keuangan untuk kredit mobil impian yang bisa Anda lakukan:

Temukan Mobil Impian

Untuk membuat Anda bisa mengatur keuangan dengan baik sebaiknya harus menemukan mobil impian terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan dengan menemukan mobil impian bisa tahu seberapa besar dana yang harus Anda siapkan. Akan menjadi tidak efektif jika Anda mengatur keuangan namun tidak tahu seperti apa mobil yang Anda inginkan. Hal itu dikarenakan bisa saja mobil yang Anda mimpikan harganya jauh dari ekspektasi Anda. Sebagai contohnya adalah Anda menginginkan mobil dengan harga 200 juta maka Anda bisa memiliki gambaran lebih jelas berapa budget yang dibutuhkan.

Sisihkan Keuangan untuk DP

Dengan harga mobil yang jelas Anda bisa mengira-ngira berapa DP yang dibutuhkan untuk kredit mobil tersebut.  Besaran DP minimal 30 persen namun lebih besar DP yang diberikan justru semakin bagus dikarenakan sisa tanggungan lebih sedikit. Untuk mobil seharga 200 juta besaran DP minimal adalah 60 juta. Anda bisa menyisihkan gaji atau pendapatan agar bisa menabung minimal 60 juta. Buatlah target berapa gaji yang harus disisihkan kemudian lakukanlah secara konsisten. Misalnya Anda ingin membeli mobil tersebut satu tahun lagi maka budget yang harus disisihkan besarnya 5 juta rupiah. Jangan terlalu lama menabung untuk DP karena bisa saja mobil yang Anda inginkan stoknya sudah tidak tersedia terutama jika keluaran lama.

Tinggalkan Hidup Boros

Untuk bisa sukses menabung tinggalkanlah hidup boros dan konsumtif. Belilah barang yang benar-benar Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan. Anda bisa membuat daftar kebutuhan setiap bulannya dimana urutan paling atas adalah kebutuhan pokok yang sangat Anda perlukan, kemudian di susul dengan kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya.

Pilih Suku Bunga dan Tenor Terbaik

Jika Anda sudah mendapatkan budget untuk pembayaran DP yang bisa dilakukan selanjutnya adalah pilihlah yang suku bunganya flat dimana tidak bertambah setiap tahunnya. Selain itu ambil tenor cicilan yang tidak melebihi dari usia ekonomis mobil. Maksudnya adalah nilai ekonomis mobil ini hanya dihitung selama 5 tahun saja, lebih dari itu Anda membutuhkan biaya tambahan untuk melakukan maintenance. Jika Anda ingin mobil keluaran tahun 2018 kemudian Anda berencana mengkreditnya di tahun 2019, maka di tahun 2023 Anda harus menyiapkan dana cadangan untuk maintenance dan tenor kredit yang disarankan tidak lebih dari 4 tahun.

Demikianlah tips mengatur keuangan untuk kredit mobil impian yang terbukti efektif dan efisien, baca juga artikel menarik lainnya mengenai over kredit mobil atau motor disini.

0 comentários: