Home Top Ad

Responsive Ads Here

(http://m.tribunnews.com/kesehatan/2013/02/19/bayi-yang-sedang-tidur-bisa-disusui-dengan-cara-begini) Menyusui merupakan hal ala...

Cara Menyusui Yang Benar dan Baik


(http://m.tribunnews.com/kesehatan/2013/02/19/bayi-yang-sedang-tidur-bisa-disusui-dengan-cara-begini)

Menyusui merupakan hal alami yang pastinya akan dilewati oleh wanita yang baru saja melahirkan. Meskipun hal tersebut merupakan hal alami, tak jarang ibu yang baru menyusui mengalami beberapa kesulitan saat melakukannya. Untuk itu butuh tips dan trik khusus dalam menyusui, agar bayi dan ibu menyusui mendapatkan kenyaman dan tidak terhalang oleh kesulitan yang mungkin terjadi. Tips dan trik cara menyusui yang benar berikut ini bisa menjadi refrensi bagi ibu muda dalam melakukan proses menyusui bayi.

Air Susu Ibu atau kerap disebut ASI memiliki lebih dari 200 jenis nutrisi yang sangat sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi. Seiring dengan tumbuh kembang bayi, maka nutrisi dalam  ASI dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Memberikan ASI selama 6 bulan pada bayi baru lahir dapat menekan risiko diabetes, asma, obesitas, diare, radang paru-paru serta dapat meningkatkan kecerdasan anak. Mengingat banyaknya manfaat ASI pada bayi, ibu harus memperhatikan dengan seksama proses dan cara menyusui yang benar agar bayi merasa nyaman saat menyusu.

Adapun beberapa langkah yang wajib ibu perhatikan saat akan menyusui dengan benar dan baik adalah sebagai berikut ini :

 

* Posisi Ibu dan Bayi

Hal pertama yang wajib ibu perhatikan adalah dengan memperhatikan posisi ibu dan bayi dalam posisi yang paling nyaman agar merasa rileks. Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya agar ia lebih mudah menelan ASI. Ibu dapat menyangga kepala bayi dengan tangan maupun mengganjalnya dengan bantal. Lalu letakkan hidung bayi sejajar dengan puting agar bayi mau membuka mulut merupakan langkah awal cara menyusui yang benar.
 

* Dekatkan bayi pada payudara

Langkah selanjutnya adalan dengan mendekatkan bayi ke payudara saat bayi mulai membuka mulut. Tunggu hingga mulut bayi membuka lebar. Pastikan lidah bayi dengan posisi ke arah bawah. Lalu ibu bisa memasukkan puting pada mulut bayi.

*  Perlekatan yang benar

Untuk dapat menyusui dengan benar dan baik pastikan jika perlekatan antara mulut bayi dengan area bawah puting payudara. Perlekatan inu merupakan proses penting dalam cara menyusui yang benar, proses ini ditandai dengan ibu yang tidak merasakan nyeri saat bayi memperoleh ASI saat menyusu.

* Pastikan bayi dalam posisi yang nyaman

Saat ibu nerasakan nyeri ketika bayi menyusu, ibu bisa melepaskan perlekatan dengan cara memasukkan jari kelingking pada mulut bayi, letakkan diantara dua gusi. Gerakan ini membuat bayi berhenti menyusu untuk sementra waktu, dan ibu bisa menyesuaikan posisi bayi menjadi lebih nyaman. Setelah itu kembali lakukan perlekatan dengan baik agar bayi juga dapat menyusu dengan baik dan benar.

* Durasi waktu menyusui

Waktu yang dibutuhkan bayi dalam menyusu pastinta berbeda antara bayi yang satu dengan yabg lainnya. Biasanya bayi menyusu sekitar 5 sampai 40 menit atau tergantung dengan kebutuhan bayi. Untuk bayi yang baru lahir, ia perlu disusui setiap  2 hingga 3 jam Dengan durasi menyusu sekitar 15 hingga 20 menit setiap kali menyusu. 

* Pastikan perlengkapan menyusui telah tersedia

Agar ibu dan bayi merasa nyaman saat melewati proses menyusui, sangat disarankan bagi ibu untuk menggunakan bra khusus untuk ibu menyusui yang memiliki kait bagian depan agar dapat dengan mudah dibuka. Selain itu, penggunaan bra khusus ini, ibu bisa terhindar dari tersumbatnya saluran ASI yang mungkin saja memicu peradangan payudara. Ibu juga bisa menggunakan bantalan payudara yang dapat ibu selipkan pada bagian puting. Saat ibu memiliki rencana untuk memerah ASI ibu bisa membeli pompa ASI yang aman dan nyaman. Perhatikan juga setiap langkah yang harus ibu lakukan agar cara menyusui yang benar dan baik dapat dilalui tanpa hambatan.

0 comentários: